Keren, GenBI Sulsel Sukses Gelar GenBI Career Preparation: Curriculum Vitae, Toefl,  Cover Letter and interview.

    Keren, GenBI Sulsel Sukses Gelar GenBI Career Preparation: Curriculum Vitae, Toefl,  Cover Letter and interview.

    MAKASSAR-GenBI Sulawesi Selatan sukses melaksanakan GenBI Career Preparation secara virtual melalui zoom meeting. Acara ini merupakan salah satu program kerja dari Deputi PSDM yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 24 sampai 25 September 2022.

    GenBI Career Preparation ini dimeriahkan oleh hadirnya narasumber-narasumber hebat yang tak lain terdiri dari kak Vera Nusyarah M.Pd., yang merupakan CO Founder and COO Scholars Official, kak Syariful Imam, M.Pd., yang merupakan Founder and CEO Scholars Official dan kak Belinda Azzahrah yang merupakan Founder and CEO at Teman Tani.

    Acara ini terdiri dari beberapa materi pembahasan mulai dari materi Curriculum Vitae, Toefl, Cover Letter dan Interview. 

    Pada materi curriculum vitae, kak Vera mengatakan, "Pengalaman akan menjadi bagian penting yang akan dilihat (oleh rekruter), meskipun kampusnya kurang terkenal", tuturnya.

    Lanjut kak Vera, cara memilih pekerjaan atau kegiatan yang bisa dimasukkan ke CV adalah memperhatikan costumize-nya, "jika teman-teman ingin menjadi tutor berarti pengalamannya harus tentang mengajar atau minimal tentang dunia pendidikan seperti volunteer pendidikan" ucapnya. Kak Vera juga mengatakan bahwa untuk cara penulisan CV, yang ditulis paling atas adalah pengalaman yang terbaru atau pengalaman yang paling menonjol prestasinya.

    "Kalian mempersiapkan CV sebenarnya berarti kalian sedang mempersiapkan diri dan karir kalian kedepannya. Is it not that a CV, it is you. A good CV, is a good you", ucap kak Imam. 

    Kemudian dilanjutkan pada materi kedua mengenai Toefl. Kak Vera dan kak Imam mengatakan  bahwa toefl ini sangat penting untuk studi teman teman kedepannya. Kak Vera juga menuturkan, "jika kita sudah punya tiket atau sertifikat toefl, kita bisa melanjutkan studi di dalam dan di luar negeri dengan beasiswa penuh". 

    Pada materi ini, kak Imam dan kak Vera juga menyampaikan materi yang sangat luar biasa mengenai tips dan trik untuk memperoleh skor toefl 500++. Mulai dari saat kita harus mengetahui level atau tingkatan kemampuan toefl kita terlebih dahulu, hingga nanti tiba saatnya untuk mengambil tes toefl.

    Materi berikutnya disampaikan oleh kak Belinda mengenai beberapa informasi tentang Writing the Cover Letter. Kak Belinda menuturkan bahwa hal-hal penting yang harus ada dalam cover letter itu diantaranya adalah opening, introduction, dan  body paragraph.

    Selain itu, kak Belinda mengatakan, untuk cover letter, optimalisasi saja untuk membahas portofolio dan kontribusi yang ingin kamu berikan ke Company or Scholarship".

    Terakhir, pada materi Interview, kak Belinda memaparakan bahwa secara umum interview kerja terdiri dari edge are interview yang artinya personality kita yang akan lebih dinilai dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berbeda dengan user interview, yang akan lebih menilai pengetahuan kita terhadap job yang akan dilakukan.

    Kak Belinda juga menyarankan, "dalam melakukan interview, kita  jawab sesuai work culture yang sudah kita riset sebelumnya".

    genbi sulsel
    Subhan Riyadi

    Subhan Riyadi

    Artikel Sebelumnya

    Program PKL Kolaborasi dengan BPLHK Kupang,...

    Artikel Berikutnya

    Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Ketua Umum Bhayangkari Kunjungi Aiptu Heri dan Anaknya yang Terbaring Sakit
    Irjen TNI Buka Perlombaan Cyber Strike dan Cyber Awareness Forum
    DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN, Perkuat Sinergi Intelijen dan Pertahanan

    Tags